Beauties, yang namanya cewek emang repot banget ya. Pengen muka dimacem-macemin. Padahal kalo kita liat kulit wajah cowok yang lebih sering keringetan, kena panas matahari, mukanya tetep aja mulus gitu. Lah kita pake pelembab, sun block, oil control dan segala macem, muka malah jadi gak karuan. Nah itu masalahnya, cewek tuh terlalu ngotak ngatik muka emang. Kadang suka mikir, kalo kulit muka ini bisa ngomong kayanya udah teriak teriak "STOOOOPPP. Don't you ever dare gimme another chemical product anymore!"
Aku juga termasuk kok. Mulai pake kosmetik dari SD, walaupun waktu SD cuma pake bedak tabur aja. Terus SMP pake facial foam, pelembab, bedak tabur, dan lipgloss. SMA mulai pake pelembab yang mengandung whitening karena pengen juga bening nan putih kaya temen-temen (belum bisa nerima takdir kulit sawo matang). Bencana pun dimulai semenjak aku pake pelembab P****. Pertama aku pake karena temenku juga pake, dan hasilnya bagus di dia. Tapi emang kulitku dari dulu (bahkan sampai sekarang) gak pernah cocok sama produk kosmetik berembel "whitening/brightening/lightening" dan baru bisa nerima takdir kulit begini waktu ahir masa kuliah. Pokoknya selama aku pake pelembab itu, komedo bermunculan, ada whitehead, blackhead, jerawat, pokoknya paket lengkap dah. Sampai akhirnya aku ke dokter kulit yang SpKK, bukan dokter kulit klinik kecantikan ya. Doi cuma ngasih obat jerawat totol.
Setelah pake itu, komedo dan jerawat ilang semua. Tapi teteeeep aja bandel, gampang banget kepengaruh temen, akhirnya nyoba pelembab O***, dan itupun sama. Di kulit temenku cocok tapi di aku nggak sama sekali. Dari situlah aku yakin kalo kulitku tergolong sensitif. Pokoknya muka udah gak karuan, semua obat jerawat dipakepun gak ada hasilnya. Udah desperados banget deh. Akhirnya aku nyerah, pergilah ke klinik kecantikan yang cukup terkenal. Semenjak saat itu aku merawat kulit wajahku dari krim-krim yang dokter kasih.
Bertahun-tahun pake, jarang ada masalah, kecuali kalo aku bandel nyoba produk baru (berharap kali ini cocok), baru jerawat nya muncul lagi. Setelah bertahun-tahun pake, aku mikir sampai kapan aku bakal pakai krim ini, -__________- Dan semenjak itu, tepatnya di akhir masa kuliah, aku memutuskan untuk berhenti dari krim krim dokter. Ini adalah perjuangan terberat. Pasti kalian yang pernah pake krim dokter pun ngerasain kan?
Tapi, seperti yang aku baca di artikel-artikel, untuk melepas ketergantungan dari krim dokter, kita nggak bisa langsung melepas semuanya. Kulit kita bakal kaget. Kalo diilustrasiin nih, mending diputusin setelah hubungan memang sudah renggang dibanding diputusin saat lagi hot-hotnya (duh!). Jadi pertama aku lepas facial washnya, aku ganti dengan facial foam biasa (aku coba wardah), setelah itu aku coba lepas night creamnya dan diganti dengan olive oil. lalu paginya aku pakai pelembab wardah dan sunblock wardah. Terus berhasil? Nggak segampang itu teman-teman. Kulitku ngambek, break out, dan aku gak tau produk yang mana yang bikin break out. DESPERATE? WORSE THAN THAT! Tiap liat kaca pengen nangis kayanya. Pokoknya udah galau segalau-galaunya dan nyaris mau balik lagi ke klinik.
Masa-masa itu juga masanya aku interview kerja, dan pada akhirnya aku diterima sebagai HRD di suatu perusahaan. Sehari-hari aku masih menggunakan pelembab dan sunblock Wardah, dan BB cream Wardah, ditambah bedak Marcks. Selama aku kerja, waktuku untuk memperhatikan wajah menjadi berkurang, tapi anehnya justru berangsur-angsur keadaan kulit wajahku membaik. Tidak pernah ada jerawat, paling hanya komedo. Sekalinya jerawat muncul hanya pada saat aku datang bulan. Akhirnya aku berkesimpulan bahwa ini semua karena aku jarang "ngoprek" kulit wajahku. Maksudnya ngoprek disini seperti megangin kulit muka (karena penasaran), ngaca, meriksain setiap detail kulit muka. Aku gak tau saat megang kulit mukaku, ada berapa bakteri yang nempel disitu? Terus saat aku ngaca, terus liat muka yang udah gak karuan, aku stress, siapa yang tau kalo stress itu memperparah kondisi kulitku?
Jadi setelah itu, aku lebih cuek dengan kondisi mukaku. Skincare yang kupakai masih tetap seperti yang dulu. Kalo ada niat untuk ganti skincare karena tergiur oleh iklan, selalu kutahan. Makin kesinipun aku semakin mengandalkan Homemade Treatment untuk perawatan kulitku. Aku selalu masker dengan bahan-bahan alami yang aku racik dan ternyata sangat cocok.
Kalian jangan mikir kalo aku nemuin skincare-skincare yang cocok ini hanya dalam waktu singkat. NO! Aku cobain hampir semua skincare lokal dan beberapa skincare luar, gak cuma satu produknya aja, tapi satu paket. Kebayang kan sakit hatinya kalo ternyata gak cocok, nangis bombay mesti ngelepas. Kalo yang murah sih masih bisa maafin, tapi kalo yang mahal... duuuuh ngenesnya gak ada dua.
Untungnya semua produk yang aku pakai sekarang harganya terjangkau dan mudah didapat. Aku juga heran, pakai yang mahal-mahal gak pernah ampuh. Bersyukur jadinya gak usah keluar duit banyak-banyak lagi buat ke dokter. Untuk produk-produknya, aku review di postingan ke 2, klik DISINI. Kecup.











